Cara Menggambar Anime - Sasuke Part 1

gambar x

Sasuke Uchiha merupakan keturunan dari Klan Uchiha, salah satu klan yang memiliki/dikenal dengan Mata Sharingannya. Dia anak bungsu dari Fugaku dan Mikoto, Mikoto memberi nama Sasuke terinspirasi dari dari nama ayah Hokage Ketiga. Sasuke mempunyai karakteristik pendiam, keren, jenius dan tentunya berambisi.

Sekian perkenalan singkat mengenai karakter yang bernama Sasuke Uchiha ini. Selanjutnya mari kita mencoba untuk menggambar Sasuke Uchiha, persiapkan terlebih dahulu alat-alat tulisnya seperti : Pensil Kayu dan Mekanik 2B, Pensil HB dan penghapus.

gambar 1
Gambar 1

Langkah 1 : Seperti biasa kita menggambar sketsa terlebih dahulu. Kita menggambar sketsa kepala dan badan terlebih dahulu. Alangkah baiknya disini kita memulai dengan menggambar buatan kepala, perlu saya sedikit jelaskan garis Vertikal di tengah bulat itu berguna untuk menentukan posisi tengah dari mata, hidung, mulut dan tentunya dapat digunakan sebagai petanda arah kepala sedang menengok kemana , sedangkan garis Horizontal adalah tanda untuk menentukan posisi mata dan juga dapat di artikan sebagai posisi kepala sedang menghadap ke atas atau kebawah. Saran saya untuk bagian ini menggunakan Pensil HB


gambar 2
Gambar 2

Langkah 2 : Dilanjutkan menggambar bagian rambut dimulai dari bagian atas terlebih dahulu. Untuk saya pribadi saya memulai menggambar kepala pada bagian muka terlebih dahulu dan dilanjut ke bagian rambut tetapi teman-teman dapat menggambarnya dimulai dari rambut, sesuaikan saja dengan kenyamanan teman-teman menggambar. Saran saya disini untuk bagian muka dan rambut digambar dengan Pensil Mekanik 2B



gambar 3
Gambar 3

Langkah 3 : Kita menggambar wajah sekaligus kita gambar detail wajah sikarakter, disini kita bermain ekspresi. Seperti yang tadi saya katakan mengenai garis Horizontal dan Vertikal harap teman-teman perhatikan gambar di bawah dengan menempatkan posisi mata di garis Horizontal dan Vertikal, Hidung dan mulut di garis Vertikal. Dilanjut dengan menggambar leher, saran saya di bagian ini teman-teman menggambar bagian kecil menggunakan Pensil Mekanik 2B dan menggambar leher serta baju menggunakan Pensil Kayu 2B



gambar 4
Gambar 4

Langkah 4 : Kita menggambar bagian badan turuti garis sketsa yang sudah dibuat tadi dan bikinlah baju. Saya pribadi menggambar baju di bagian luar dan dilanjutkan dengan efek-efek lipatan baju, tetapi kembali kecara teman-teman. Teman-teman boleh menggambar langsung keseluruhan baju, sesuiakan saja dengan kenyamanan teman-teman menggambar. Saran saya disini teman-teman menggambar garis baju luar dengan Pensil Kayu 2B dan efek lipatan dengan Pensil Mekanik 2B, tetapi boleh juga dengan Pensil Mekanik 2B semua.



gambar 5
Gambar 5

Langkah 5 : Setelah selesai dengan badan lagnkah selanjutnya kita menggambar tangan. perhatikan gambar dibawah. Perhatikan jari sedetail mungkin. Saran saya disini teman-teman menggambar tangan dengan Pensil Kayu 2B dan jari-jari tangan dengan Pensil Mekanik 2B.



gambar 6
Gambar 6

Langkah 6 : Menggambar detail baju sekaligus aksesoris lainnya. Saya pribadi memulai menggambar di pedang dan dilanjutkan dengan menggambar sabuk/ikat pinggang. Kita bahas sedikit mengenai angle/posisi pedang, pedang dibuat lebih besar di bagian depan dan dibuat lebih kecil dibagian gagang diartikan untuk membuat pedang memiliki efek 3D simpel. Saran saya untuk bagian ini teman-teman menggunakan Pensil Kayu 2B di bagian pedang, dan Pensil Mekanik 2B di bagian sabuk dan bawah/gagang pedang.



gambar 7
Gambar 7

Langkah 7 : Mulai ke tahap menggambar kaki, kita mulai dari atas(pinggul). untuk efek lipatan teman-teman dapat mengekspresikan sesuai dengan imaginasi agar terlihat lebih realistik. Saran saya di bagian ini untuk Garis luar baju teman-teman menggunakan Pensil Kayu 2B sedangkan untuk efek lipatan baju menggunakan Pensil Mekanik 2B.



gambar 8
Gambar 8

Langkah 8 : Menggambar kaki sepenuhnya sekaligus detail dari celana, sepatu dan jari-jarinya. Alangkah baiknya dimulai dari celana bagian atas berurutan sampai sendal. Saran saya di bagian ini menggunkan Pensil Kayu 2B dan Pensil Mekanik 2B untuk di bagian jari-jari kaki saja.



gambar 9
Gambar 9

Langkah 9 : Pertegas warna dengan menggoreskan warna hitam. dah hapus sketsa yang sudah dibuat tadi. Teman-teman dapat menebalkan garis menggunakan Pensil Kayu dan Mekanik 2B ataupun menggunakan level lainnya yang lebih tinggi, atau teman-teman dapat menggunakan Pena dan Spidol



gambar 10
Gambar 10

Langkah 10 : Memberi warna pada gambar yang telah kita buat tadi.


Sekian tutorial menggambar yang dapat saya jelaskan. semoga bermanfaat dan apabila ada tambahan seperti komentar dan saran silahkan tambahkan/pos di komentar. Jangan lupa lihat tutorial menggambar lainnya di goyang-pensil.blogspot.com. Selamat mencoba :)

download_goyangpensil.blogspot.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menggambar Anime - Sasuke Part 1

CARA MENGGAMBAR ANIME