![]() |
Model |
Kali ini Goyang-Pensil memberikan tutorial cara bagaimana menggambar Realistis Anime.
Karena ini menggunakan Digital Drawing maka teman-teman dianjurkan untuk menggunakan beberapa Software Paint Tool SAI, Adobe Photoshop dan juga Color Schamer.
![]() |
Gambar 1 |
Langkah 1 :
Membuat sketsa melalui gambaran tangan, setelahnya scan gambar atau foto sehingga dapat disimpan ke komputer.
![]() |
Gambar 2 |
Langkah 2 :
Merapikan garis gambar dengan menggunakan Paint Tool SAI, gambar ulang garis sketsa agar terlihat rapi dan bersih.
![]() |
Gambar 3 |
Langkah 3 :
Memberi warna dasar pada gambar, dapat diwarnain menggunakan Photoshop ataupun SAI, serta pilihlah komposisi warna yang cocok dengan menggunakan ColorSchamer.
![]() |
Gambar 4 |
Langkah 4 :
Memberi efek warna yang sedikit lebih gelap dari warna dasar mata dan bentuklah pola seperti contoh diatas.
![]() |
Gambar 5 |
Langkah 5 :
Masih memberikan efek warna yang sama dengan contoh diatas, tetapi kali ini pergunakan untuk mewarnai bagian-bagian yang belum terwarnai.
![]() |
Gambar 6 |
Langkah 6 :
Pilihlah warna lebih gelap lagi dari efek warna diatas, lalu warnain bola mata seperti contoh diatas.
![]() |
Gambar 7 |
Langkah 7 :
Berilah Efek gradient/terang gelap untuk mempertegas warna gelap terang dari contoh.
![]() |
Gambar 8 |
Langkah 8 :
Carilah warna yang lebih gelap lagi dengan menggunakan colorSchemer setelahnya tambahkan pada mata jangan melebihi batas garis gambar.
![]() |
Gambar 9 |
Langkah 9 :
Memberi efek gradient dari warna yang terakhir tadi dipilih, yang berguna untuk merapikan efek mata.
![]() |
Gambar 10 |
Langkah 10 :
Memberi efek cahaya, gunakan ColorSchemer untuk memilih warna dasar mata lalu setting menjadi lebih cerah, buatlah dan pilihlah warna merah dan rubah menjadi hamper berwarna putih. Setelahnya buatlang lingkaran-lingaran dari atas dan bawah, setelah selesai beri efek blur.
![]() |
Gambar 11 |
Langkah 11 :
Kasih warna putih dan terapkan pada efek cahaya yang tadi dibuat, berguna untuk mempertegas efek cahaya.
![]() |
Gambar 12 |
Langkah 12 :
Membuat warna dasar bibir, bentuklah bibir seperti contoh diatas.
![]() |
Gambar 13 |
Langkah 13 :
Dengan colorSchemer pilihlah warna yang lebih gelap dari warna dasar tadi, setelahnya berilah warna pada bibir seperti contoh diatas.
![]() |
Gambar 14 |
Langkah 14 :
Dengan colorSchemer pilihlah warna dasar yang tadi dipilih, tetapi atur ulang warnanya menjadi semu/hampir berwarna putih.
![]() |
Gambar 15 |
Langkah 15 :
Dengan colorSchemer pilihlah warna yang lebih gelap dari efek gelap pada bibir sebelumnya lalu warnai bagian atas bibir dengan warna tersebut.
![]() |
Gambar 16 |
Langkah 16 :
Menggambar efek kulit pada wajah, dimulai dengan kedua bagian sisi wajah sampai telinga.
![]() |
Gambar 17 |
Langkah 17 :
Menggambar efek merah pada pipi, gunakan colorSchemer sebagai alat bantu. Setelahnya warnai pipi seperti contoh, dan berilah warna putih kecil pada kedua efek tersebut.
![]() |
Gambar 18 |
Langkah 18 :
Memberi efek kulit untuk bagian atas, gunakan selectTool dan GradientTool untuk mempermudah proses menggambar agar sesuai dan sama dengan contoh. Apabila salah maka teman-teman dapat menggunakan brush untuk memoles ulang, eraser untuk menghapus dan blurTool untuk membiaskan sisi warna.
![]() |
Gambar 19 |
Langkah 19 :
Menggambar efek untuk baju putih karakter, pilihlah warna semu ke abu-abuan lalu warnai setengah dari bidang warna.
![]() |
Gambar 20 |
Langkah 20 :
Dengan colorSchemer pilihlah warna abu tadi, setelahnya atur warna menjadi lebih gelap. Setelah merasa pas maka warnai bagian-bagian baju dengan brush atau gradientTool
![]() |
Gambar 21 |
Langkah 21 :
Menggambar efek bayangan pada dasi, pilihlah warna gelap yang cocok dengan warna dasar dasi tersebut.
![]() |
Gambar 22 |
Langkah 22 :
Berilah warna putih tipis pada tepian warna gelap yang tadi dibuat.
![]() |
Gambar 23 |
Langkah 23 :
Pilihlah warna yang lebih gelap dari almamater, setelahnya warnai bagian-bagian tertentu dengan warna tersebut.
![]() |
Gambar 24 |
Langkah 24 :
Cari warna yang lebih terang dari warna dasar, atau teman-teman dapat menggunakan warna putih. Warnai gambar seperti contoh dan atur opacity/transparan apabila teman-teman memberi warna putih.
![]() |
Gambar 25 |
Langkah 25 :
Kita mulai ketahap memberi warna pada rambut, seleksilah bagian depan rambut (poni). Setelahnya beri efek gradient dengan memilih warna putih. Setelah selesai berilah warna pada ujung-ujung rambut dengan warna dasar rambut.
![]() |
Gambar 26 |
Langkah 26 :
Memberi ujung-ujung warna pada rambut, gunakan colorSchemer untuk memilih warna efek rambut yang sesuai dengan warna dasar rambut.
![]() |
Gambar 27 |
Langkah 27 :
Memberi efek cahaya pada bagian atas rambut, dengan memilih warna dasar rambut dan atur menjadi lebih terang.
![]() |
Gambar 28 |
Langkah 28 :
Menggambar bayangan gelap pada rambut, pilihlah warna dasar rambut dan atur agar lebih gelap dari warna dasar setelahnya warnai rambut.
![]() |
Gambar 29 |
Langkah 29 :
Pilih warna yang lebih gelap lagi, setelahnya gunakan seleksi Tool dan gunakan pula gradientTool untuk memberi efek rambut selanjutnya.
![]() |
Gambar 30 |
Langkah 30 :
Memberi warna gelap disekitaran pita.
![]() |
Gambar 31 |
Langkah 31 :
Memberi efek cahaya pada pita dengan memilih warna kuning terang hampir berwarna putih.
![]() |
Gambar 32 |
Langkah 32 :
Hapus garis rambut.
![]() |
Gambar 33 |
Langkah 33:
Masuk lagi ke Paint Tool SAI dan edit gambar lagi dengan menambahkan garis-garis baru, buatlah garis dengan tipis dan memiliki warna yang sama.
![]() |
Gambar Final |
Sekian tutorial dari Goyang-Pensil semoga bermanfaat, kunjungi terus goyang-pensil.blogspot.com